Menerjemahkan Genre Baru

Menerjemahkan genre baru memang perlu pembiasaan, terutama bila kita memang belum pernah membaca genre tersebut. Saya sudah beberapa kali membaca dan menerjemahkan contemporer romance, tapi historical romance dan Harlequin masih asing bagi saya. Tahun ini saya dipertemukan dengan kedua genre itu, jadi saya baca juga novel-novel sejenis agar bisa menerjemahkannya dengan lebih baik.

Untung di dekat kampus ada persewaan komik dan novel dengan judul historical romance dan Harlequin yang cukup banyak dari penerbit yang sama dengan terjemahan saya kali ini. Agar efektif, saya memilih pengarang yang sama atau jalan cerita yang mirip. Misalnya, pertengahan tahun ini saya menerjemahkan Dreaming of You karya Lisa Kleypas (akan terbit awal tahun 2013), tentang penulis dari desa dan pemilik klub judi mewah di London. Setelah mencari-cari dengan cukup teliti, saya menemukan karya pengarang yang sama dengan latar dan karakter yang berhubungan: Devil In Winter. Dalam novel temuan saya ini, tokoh utamanya adalah anak dari pemilik klub judi pesaing klub di Dreaming of You. Saya tidak seberuntung itu saat mencari novel Harlequin, tapi saya pinjam dua novel yang mempunyai plot mirip dengan novel yang sedang saya terjemahkan.

Dengan cara ini, kita bisa melihat padanan-padanan yang sudah dipakai penerjemahnya: pronomina, kata “gaul” (bilang, kedengaran, nggak), kata serapan (sandwich, East River, Main Street), dan lain-lain. Untuk Lisa Kleypas, Devil In Winter membantu saya  menerjemahkan dialek cockney. Novel-novel Harlequin masih sedang saya baca dan saya harap bisa membantu saya menerjemahkan adegan panasnya ^^;

9 thoughts on “Menerjemahkan Genre Baru

Leave a Reply

